THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 13 November 2010

Review Jurnal 3

1. Tema : Peramalan Penjualan

2. Judul : Analisis Peramalan Penjualan Pakaian

Toko Gaya

3. Pengarang : Syarif Hidayat

4. Tahun : 2009

5. Latar Belakang :

Didunia yang semakin maju dan berkembang banyak sekali hal-hal yang berubah mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah model pakaian. Saat ini banyak sekali model baju dari berbagai Negara yang menjadi sorotan masyarakat untuk mengikuti trend. Toko Gaya ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin selalu tampil trendi dan gaya mengikuti tren masa kini.

Dalam penjualan diperlukan perkiraan jumlah barang yang distock, supaya apa yang distock bisa habis laku terjual. Peramalan penjualan produk dan jasa diwaktu mendatang dan bagian-bagian sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi perusahaan.

6. Rumusan dan Batasan Masalah

Bagaimana hasil peramalan penjualan pakaian untuk bulai April 2007 pada Toko Gaya.

Batasan Masalah :

Dalam penulisan ini, setiap masalah dibatasi pada perhitungan Moving Average (MA) dan Weight Moving Average (WMA) dalam menghitung data penjualan Toko Gaya.

7. Tujuan Penelitian

· Mengetahui hasil peramalan penjualan kue basah pada bulan April 2009 dengan metode Moving Averagr (MA) dan Weight Moving Average (WMA).

· Mengeatahui hasil pendapatan tiap bulan atau tahun yang akan dating.

· Mengetahui apakah dgan menggunakan metode peramalan perusahaan tersebut akan berhasil atau tidak.

8. Metode Penelitian

· Objek Penelitian : Toko Gaya di Tanah Abang

· Data/Variabel : Jenis data yang digunakan pada penulisan ini adalah sebuah data sekunder yang diperoleh dari Toko Gaya berupa data penjualan pakaian dari bulan April 2008 - Maret 2009 dan anggaran perusahaan dalam memproduksi pakaian untuk bulan April 2009 yang dijadikan sebagai bahan penrelitian.

· Metode Pengumpulan data

1. Studi Pustaka : yaitu dengan menggunakan referensi dari berbagai buku yang berkaitan dengan penulisan ilmiah.

2. Studi Lapangan

a. Wawancara : Penulis mengadakan komunikasi langsung dengan pemilik dan karyawan perusahaan, untuk memperoleh data sebagai bahan penulisan.

b. Observasi : Penulis melakukan tinjauan langsung ke lapangan yaitu untuk mencari data yang dibutuhkan.

· Alat alisis yang digunakan

· Metode Moving Average (MA)

Jumlah Penjualan pada N periode terakhir

MA =

Jumlah Periode

· Metode Weighted Moving Average (WMA)

WMA = (A * n) + (B * n-1) + (C * n-2) + ...

Keterangan :

A = bobot terbesar

B = bobot terbesar kedua

C = bobot terbesar ketiga, dst.

n = data periode terakhir

n-1 = data satu periode sebelum periode terakhir

n-2 = data dua periode sebelum periode terakhir

9. Hasil dan kesimpulan

Dari hasil penelitian mengenai peramalan penjualan pada Toko Gaya, peneliti mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

· Dengan adanya peramalan dengan menggunakan metode metode Moving Averagr (MA) dan Weight Moving Average (WMA) Perusahaan bisa memperkirakan persediaan pakaian yang di Toko dan di gudang, sehingga tidak banyak barang persediaan yang tidak terjual di Toko.

· Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu keputusan yang dapat memecahkan masalah tersebut yang biasanya diambil dari berbagai alternative pilihan yang ada dengan menggunakan metode peramalan.

10. Saran

Dari penelitian yang dilakukan, jika perusahaan mendapat keuntungan tiap periodenya, sebaiknya menggunakan metode perhitungan Weight Moving Average karena dengan menggunakan metode tersebut didapat hasil penjulan yang lebih bagus . Dan degan metode ini, kita dapat mengetahui tingkat kesalahan dalam memproduksi pakaian.

Saran Lanjutan

Sebaiknya Penulis metode alat analisisnya tidak hanya menggunakan menggunakan metode Ma dan WMA tetapi dengan metode Single Exponential Smoothing juga. Dengan begitu akan lebih terlihat jelas dengan metode mana yang lebih tepat untuk perusahaan Toko Gaya dalam membuat perkiraan.

0 komentar: