THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 01 November 2010

Review Jurnal 1

Tema

Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)


Judul

”STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH INDUSTRI KERUPUK DI KELURAHAN KARADENAN ”


Pengarang

Budi SetiawanDasmasyah AdyasTahun2008


LATAR BELAKANG

Usaha Kecil Menengah untuk Industri kerupuk adalah salah satu jenis karya orang-orang desa Karadenan sejak tahun 1960, perusahaan ini telah dikelola dari generasi ke generasi sebagai warisan turun temurun. Kerupuk hampir menjadi makanan sehari-hari. Sehingga banyak pabrik yang berlomba-lomba untuk memproduksinya. Persaingan sudah menjadi hal biasa pada kondisi seperti sekarang. Sehingga banyak pihak yang ingin produknya paling dikenal.


RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH

- Strategi apa yang digunakan untuk mempertahankan pelanggannya??- Strategi apa yang digunakan dalam pemasaran kerupuk??Batasan masalah : UKM industri kerupuk di kelurahan Karadenan


TUJUAN PENELITIAN

Untuk mengetahui strategi pemasaran kerupuk di kelurahan Karadenan.Mengetahui cara industri kerupuk ini memelihara pelanggannya .


METODOLOGI PENELITIAN

1. Identifikasi Data :- Wawancara dengan pemilik usaha dan pekerja- Kuesioner

2. Tahapan penelitian- Metode angket dan data primer- Wawancara

3. Variabel Penelitian- Dependent dan Independent- Definisi Oprasional : Kepuasan Konsumen dan Kualitas pelayanan

4. Model Koseptual

Faktor-Faktor yang membuat Usaha berkembang:

- Tem pat Pendistribusian/Relasi (X'1)

- Tenaga Kerja (X'2)- Promosi (X'3)

- Kualitas Barang (X'4)


sistem model ini adalah sesuai kegiatan industri dalam mencapai kemajuan dalam berkembang dimasyarkat dan diterima sebagai produsen yang mendapat kepuasan konsumen danadalam layananya memberikan yang terbaik.(Y) sebagai usaha berkembang hasil dari penjumlahan dari X'1, X'2, X'3 dan X'4.

Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4


Keterangan:
a = konstanta
b1 = koefisien x
b2 = koefisien X2
b3 = koefisien X3
b4 = koefisien X4

X1 = Tem pat Pendistribusian/Relasi
X2 = Tenaga Kerja
X3 = Promosi
X4 = Kualitas barang


HASIL DAN KESIMPULAN

Strategi produk dilakukan melalui produksi kerupuk dengan rasa, bentuk, dan warna yang khas, mempertahankan positioning produk yang telah melekat erat di benak pelanggan/konsumen, serta melakukan diferensiasi produk.Strategi harga dilakukan melalui penetapan standard markup pricing ± 20% untuk produk baru dan 15 - 18% untuk produk rutin. Fleksibilitas harga jual menjadi hal yang sering harus dilakukan dalam menghadapi kondisi pasarStrategi distribusi dilakukan dengan menggunakan saluran distribusi berganda, yaitu selain memasarkan langsung kepada distributor, juga mengunakan tenaga para tengkulak/sales, sehingga cakupan distribusi produk dapat lebih luas.Strategi promosi dilakukan secara informal dari individu yang satu ke individu lainnya (person to person promotion). Selain itu telah terdapat UKM yang telah memanfaatkan salah satu ketersediaan media promosi.


SARAN

Gunakanlah lembaran identitas sederhana pada tiap kemasan produk, berupa sepotong kertas kecil yang telah diberikan nama UKM dan disisipkan pada kemasan.Jalin kemitraan dengan pengusaha menengah dan besar, yang bergerak di bidang usaha restoran atau rumah makan.Perlunya partisipasi aktif dari pemerintah dan berbagai lembaga terkait, untuk dapat membantu memfasilitasi perluasan dan peningkatan pemasaran produk. Namun tidak hanya pada masalah pemasaran, Pemerintah juga perlu memberikan berbagai dukungan dan bantuan di bidang lainnya, seperti permodalan; SDM; teknologi; dan lain sebagainya.

0 komentar: