THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 11 November 2010

Review Jurnal 1

1. Tema : Peramalan Penjualan

2. Judul : “ Analisa Peramalan Penjualan Pakaian pada CV. Alience “

3. Pengarang : Apriliana Tri Rahmadi

4. Tahun : 2009

5. Latar Belakang :

Seiring pesatnya perkembangan zaman ditambah lagi dengan perekonomian Indonesia yang tidak menentu membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat , terlebih lagi perusaan yang bergerak di pakaian, salah satu diantaranya adalah CV ALIENCE yang bergerak di bidang pembuatan pakaian khususnya kaos oblong. Perusahaan harus membuat keputusan yang tepat dalam menentukan kebijakan perusahaan dalam penjualan. Untuk dapat mengambil keputusan tersebut, maka diperlukan suatu perencanaan yang matang agar agar tujuan yang lebih ditetapkan dapat tercapai.

Peramalan penjualan dilakukan dengan memanfaatkan berbagai teknik forecasting, termasuk pengecekan apakah teknik yang dipergunakan dapat dipertanggung jawabkan atau tidak. Dengan mengumpilkan, menggunakan dan menganalisa data-data histories serta menginterprestasikan peristiwa-peristiwa dimasa mendatang, maka peramalan penjualan dapat dibuat. Pada perusahaan kalaupun peramalan penjualan bahkan sangat membantu perencanaan yang menyeluruh (over all planning). Untuk itu dilakukan peramlan yang dapat membantu yang tepat sangatlah penting, oleh karena itu perusahaan memilih metode yang mencantumkan keesalahan peramalan.

6. Rumusan Masalah

Bagaimana penjualan pada CV. ALIENCE untuk masa 3 bulan dan 5 bulan mendatang.

Batasan Masalah

Dalam penulisan ini ilmiah ini, penulis hanya menganalisis penjualan pakaian dan difokuskan pada jenis kaos pada CV. ALIENCE periode yang akan datang dan menggunakan data penjualan bulan November 2007 sampai dengan oktober 2008. dengan menggunakan metode Moving Average ( Rata-rata bergerak).

7. Tujuan Penelitian

Untuk menghitung dan menganalisis peramalan penjualan pakaian CV. Alience dalam rata-rata bergerak 3 bulan dan 5 bulan sebagai ramalan untuk periode berikutnya.

8. Metodologi Penelitian

  • Data atau variable yang digunakan
    • Data Primer

Data mengenai objek penelitian yang langsung didapat dari perusahaan/ wawancara langsung terhadap pihak perusahaan.

o Data Sekunder

Data yang diperoleh dengan cara meminta dokumen atau laporan penjualan yang bersumber dari pihak perusahaan.

  • Metodologi pengumpulan data

Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ilmiah ini penulis menggunakan metode:

o Obserasi

Metode yang digunakan penulis secara langsung yaitu dengan mendatangi CV. ALIENCE yang berlokasi di Bogor untuk meminta data atau informasi yang dibutuhkan oleh penulis dan merencanakan penjualan di bulan yang akan datang.

o Interview

Penulis mewawancarai langsung pemilik CV. Alience supaya mendapatkan data penjualan yang akurat.

o Study pustaka

Membaca dan mempelajari buku-buku dan sumber-sumber bacaan lainnya, baik didalam maupun diluar perkuliahan yang berhubungan dengan masalah peramalan.

  • Model konsep

v Moving Average

Rumusan sederhana

Ft = Xt1+Xt2+…+Xn

N

Keterangan:

Ft+1 = Ramalan untuk waktu t+1

Xt = Nilai akurat untuk waktu t

N = JUmlah nilai yang dimasukkan dalam rata-rata


v Pengawasan Peramalan

Ø Kesalahan Absolut rata-rata

AAE = Σ kesalahan Absolut

N

Keterangan:

AAE : Average Absolut Error

N : Banyaknya waktu data dari kesalahan

Ø Kesalahan Kuadrat

SE = Σ Kesalahan Kuadrat

N

Keterangan :

SE : Squared Error

N : Banyaknya waktu data dari kesalahan

9. Hasil dan Kesimpulan

Dari penjualan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, penulis mengambil kesimpulan bahwa dalam peramalan penjualan kaos pada CV. ALIENCE dengan menggunakan metode Moving Average dengan rata-rata bergerak 3 bulan dapat dihitung dari rata-rata penjualan periode 1,2,3 untuk peramlan periode 4 dan rat-rata bergerak 5 bulan dan dihitung dari rata-rata penjualan periode 1,2,3,4,5 untuk untuk peramlan periode 6. DEngan adanya peramalan, perusahaan dapat melaksanakan kebijakan-kebijakan yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai teknik peramalan.

10. Saran

Dengan mepertimbangkan hasil perhitungan dan kesimpulan diatas menyarankan sebaiknya CV. ALIENCE dalam meramalkan penjulan menggunakan metode Moving Average dengan rata-rata bergerak 3bulan, sebagai dasar perencanaan kegiatan-kegiatanusaha yang akan dilakukan dengan pencapaian hasil peramalan yang optimal dan perusahaan harus memperluas daerah pemasaran dan memperbaiki pelayanan terhadapm konsumen.

0 komentar: