THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 13 November 2010

Review Jurnal 2

1. Tema : Peramalan penjualan

2. Judul : Peramalan penjualan pada distro freedom

3. Pengarang : Ferry Ismail Fardiansyah

4. Tahun : 2009

5. Latar belakang :

Dunia usaha pada saat ini telah berkembang pesat berbagai jenis produk berbagai produ telah dikembangkan dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi membei dampak yang pesat didunia usaha dan perekonomian Indonesia, maka setiap perusahaan harus waspada dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu keputusan yang dapat memecahkan masalah tersebut yang biasanya diambil dari berbagai alternative pilihan yang ada.

Dalam penjualan digunakan sebagai pedoman untuk memperkirakan berapa jumlah unit atau barang yang berhasil untuk dijual. Peramalan penjualan produk dan jasa diwaktu mendatang dan bagian-bagian sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi di perusahaan. Oleh karena itu kesinambungan perusahaan akan terjamin apabila fungsi penjualan yang dicapai dapat dilaksanakan dengan baik dan persediaan harus dirancang untuk dapat secara tepat melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan adanya kesalahan-kesalahan dalam penulisan ilmiah ini. Penulis tertarik untuk menulis dengan judul “ Peramalan Penjulan pada distro Freedom Jakarta.

6. Rumusan dan Batasan Masalah

- Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis merumuskan masalah yaitu sebagai berikut :

Bagaimana prospek penjualan distro freedom pada bulan mei 2009?

Batasan Masalah

Peramalan terhadap penjualan produk distro freedom yang beralamatkan di Jalan Mayjend Sutoyo Zona merah lantai 3A PGC Jakarta Timur pada bulan Maret 2008-April 2009.

7. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui peramalan penjualan yang akan dicapai oleh perusahaan pada bulan maret 2008-April 2009 dan untuk mengetahui besarnya perbedaan antara ramalan dan data penjualan sebenarnya.

8. Metode Penelitian

1. Objek Penelitian : Distro Freedom

2. Data/Variabel : Data yang digunakan adalah data sekunder perusahaan berupa data penjualan barang selama 14 bulan ( maret 2008-april 2009).

3. Metode pengumpulan data/variable

a. Metode Survei

Penulis langsung dating ke distro untuk memperoleh data-data perusahaan yang dibutuhkan untuk penelitian ini.

b. Wawancara

Penulis melakukan wawancara langsung dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pemilik untuk mendapatkan data.

4. Alat analisis yang digunakan

a. Analisis Deskriptif

Yaitu menganalisis peramalan dengan cara mengdeskriptifkannya melalui penggunaan table dan grafik.

b. Analisis Kuantitatif

Ø Metode Moving Average

Jumlah Penjualan pada N periode terakhir

MA =

Jumlah Periode

Ø Metode Weighted Moving Average (WMA)

WMA = (A * n) + (B * n-1) + (C * n-2) + ...

Keterangan :

A = bobot terbesar

B = bobot terbesar kedua

C = bobot terbesar ketiga, dst.

n = data periode terakhir

n-1 = data satu periode sebelum periode terakhir

n-2 = data dua periode sebelum periode terakhir

Ø Kesalahan Peramalan

MAD = Kesalahan Peramalan

N-n

Keterangan =

N = jumlah data penjualan

n = data periode terakhir

9. Hasil dan Kesimpulan

Dari hasil penelitian mengenai peramalan penjualan pada distro freedom peneliti dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

ð berdasarkan perhitungan peramalan dengan menggunakan metode moving average (MA) 3 bulan maka penjualan bulan Mei 2009 sebesar 271 dan MAD sebesar 91,28. Dan berdasarkan perhitungan peramalan dengan menggunakan metode Weight Moving Average (WMA) 3 bulan dengan bobot 50%, 30% dan 20% maka penjualan untuk bulan mei 2009 sebesar 261,6 dan MAD sebesar 84,48.

10. Saran

Setelah meneliti dan mengambil kesimpulan dari penelitaan peramalan penjualan distro freedom, peneliti mencoba untuk memberikan saran kepada pemilik distro freedom sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitasa dan kelangsungan hidup distro freedom sebagai berikut :

Ø Disarankan agar distro freedom dapat memisahkan data penjualan menurut jenis barang yang diual. Dan agar dapat dilihat jenis barang apa-apa yang cukup diminati oleh para konsumen, sehingga dapat ditingkatkan lagi persediaannya serta jumlahnya untuk dijual

Saran lanjutan

Sebaiknya Penulis metode alat analisisnya tidak hanya menggunakan menggunakan metode Ma dan WMA tetapi dengan metode Single Exponential Smoothing juga. Dengan begitu akan lebih terlihat jelas dengan metode mana yang lebih tepat untuk perusahaan Distro Freedom dalam membuat perkiraan.

0 komentar: