THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 01 November 2010

Review Jurnal 2

Tema :

Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)


Judul:

Study tentang Perkembangan UKM Keripik Belut Bu Wiji di Daerah Sleman Yogyakarta


Pengarang

M. Santi Pratiwi

Ahmad Zailuddin


Tahun

2006


LATAR BELAKANG

Latar belakang penelitian ini adalah Semakin banyaknya kebutuhan orang membuat orang banyak terinspirasi untuk membuar banyak karya yang unik dan disukai oleh banyak kalangan. Usaha kripik belut Bu wiji ini berdiri kurang lebih sudah 15tahun. Lambat laun usaha keluarga ini berkembang sedikit demi sedikit dan mulai dikenal oleh banyak kalangan. Dan sekarang kripik belut ini sudah mulai disetor ke warung dan swalayan.


RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH

-Bagaimana usaha yang ditempuh hingga sekarang Kripik Belut Bu Wiji dikenal banyak orang?

-Bagaimana Buwiji mempertahankan pelanggannya??

-Daya tarik apa yang membuat orang memilih untuk menjadi pelanggan Bu Wiji??


Batasan MasalahKripik Belut Bu wiji yang berada di Sleman Yogyakarta


TUJUAN PENELITIAN

Untuk mengetahui usaha apa saja yng bisa membuat usaha ini banyak dikenal orang.

Mengetahui faktor apa saja yang membuat pelanggan tetap setia.


METODOLOGI PENELITIAN

1. Identifikasi Data :

- Wawancara dengan pemilik usaha dan pekerja

- Kuesiner Kritik dan Saran Pelanggan


2. Tahapan penelitian

- Metode angket dan data primer

- Wawancara


3. Variabel Penelitian

- Dependen dan Independen

- Definisi Oprasional : Kepuasan Konsumen dan Kualitas pelayanan

- Variabel yang dikaji adalah variabel kepuasan kerja sebagai variabel independen dan variabel komitmen terhadap usaha menengah ini sebagai variabel independent. Tipe komitmen terhadap usaha menengah terdiri dari komitmen afektif behavioral dan normatif. Variabel kepuasan kerja terdiri dari atas prestasi kerja, penghargaan, pekerjaan, tanggung jawab, kesempatan untuk maju. Sedangkan variabel komitmen pekerja terdiri atas kepedulian dan kebanggaan serta kepedulian pada industri dan lingkungan.


4. Model KoseptualFaktor-Faktor yang membuat Usaha berkembang:- Tempat Pendistribusian/Relasi- Kepercayaan konsumen- Promosi- Kualitas Barang

Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4
Keterangan:

a = konstanta
b1 = koefisien x
b2 = koefisien X2
b3 = koefisien X3
b4 = koefisien X4

X1 = Tem pat Pendistribusian/Relasi
X2 = Kepercayaan Konsumen
X3 = Promosi
X4 = Kualitas barang

Uji Validitas
Hasil uji validitas kuesioner X1, X2, X3, X4 dan Y menunjukkan semua item memiliki r-hitung lebih besar dari r-tabel sehingga dinyatakan valid.

Uji Realibilitas
Hasil uji reliabilitas menunjukkan ( X1, X2,X3,X4 dan Y) memiliki r alpha lebih besar dari r-tabel sehingga kuesioner yang disusun variable-variabel tersebut reliable.


HASIL DAN KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisa data dan wawancara, Usaha yang ditempuh Bu Wiji dalam memperkenalkan produknya adalah dengan memberi sample pada saat ada bazar dan pameran di Kelurahan ataupun bazaar-bazar di Kecamatan. Dan mulai menyetor produknya ke warung-warung terdekat. Upaya-upaya kecil yang di tempuh ternyata menghasilkan hasil yang memuaskan. Hingga kini usahanya terus berkembang. Dan pelayanan yang ramah dan rasa yang enak membuat para pelanggan enggan untuk berpindah hati. Tempat pembuatan yang bersih dan tempat pelayanan konsumen yang rapi membuat para pembeli betah berada ditempat ini. Dan apabila pembelian dalam jumlah banyak Bu Wiji akan memberikan banyak diskon. Dan untuk menjaga cita rasa Bu wiji memilih bumbu dari kualitas yang baik dan meraciknya sendiri


SARAN

Sebaiknya untuk kemasan lebih diperhatikan lagi, mungkin dengan kemasan yang lebih dipercantik akan membuat ketertarikan pada konsumen yang lain dan pelanggan akan lebih setia lagi.Sebaiknya untuk tenaga kerja ditambah dengan mempekerjakan masyarakat sekitar, kaena dari hasil wawancara Buwiji dan suaminya lebih mendominasi pekerjaan.Dengan adanya beberapa pekerja mungkin akan lebih meringankan pekerjaan.


USULAN LANJUTAN

- Penulis diharapkan juga membahas tentang usaha kecil yang berada di dekat wilayah ini.karena di Sekitar wilayah ini banyak sekali UKM yang sedang berkembang.

0 komentar: