THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 01 Oktober 2010

Review Jurnal


Tema/ Topik :

Obesitas pada Remaja Putri


Judul :

Self Regulated Behaviour Pada Remaja Putri Yang Mengalami Obesitas


Pengarang :

Tri Wulandari dan Zulkaida


Tahun :

2007

Latar Belakang dan Masalah


Masa remaja adalah masa yang menyenangkan namun juga sebagai masa kritis dan sulit, karena merupakan masa transisi atau masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, yang ditandai dengan adanya perubahan aspek fisik, psikis, psikososial. Berkaitan dengan pertumbuhan fisik tersebut bentuk tubuh yang ideal dan wajah yang menarik pasti sangat didambakan oleh setiap orang. Untuk kecenderungan menjadi gemuk atau obesitas, dapat menggangu sebagian anak pada masa puber dan menjadi keprihatinan selama tahun-tahun masa remaja. Dan dampak buruknya akan terlihat pada kesehatan yang kurang baik. Dampak lain obesitas yang sering dilupakan adalah dapat mempengaruhi factor kejiwaan anak, yakni sering merasa kurang percaya diri.3 Faktor penyebab obesitas: faktor fisiologis, faktor psikologis dan faktor kecelakaan.

Rumusan dan batasan masalah
Rumusan:
- Apakah subjek mempunyai niat untuk menurunkan berat badan?
- Adakah usaha yang subjek lakukan untuk menurunkan berat badan?
- Faktor apa saja yang menyebabkan obesitas apada usia muda?


Batasan Masalah:
Remaja putri yang berusia antara 18 sampai 22 tahun yang berjumlah 3 dan mengalami obesitas.


Tujuan Penelitian
- Memperoleh gambaran tentang Self Regulated behaviour pada remaja putri yang mengalami obesitas.
- Mengetahui faktor yang mempengaruhi Self Regulated Behaviour pada subjek yang mengalami obesitas.


Metodologi:
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancra terpimpin (dengan subjek dan significantoter) dan observasi parisipan.

- Variabel : herediter dan nonheriditer
- Data : observasi dan wawancara
- Tahapan Penelitian :Menggunakan tahapan kualitatif


Hasil dan Kesimpulan
Self Regulated Behaviour pada ketiga subjek yang mengalami obesitas terlihat kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari ketiga komponen yang mempengaruhi jika dilihat dari self monitoring/self orservation meskipun ketiga subjek sama-sama menyadari kegemukan pada tubuhnya, tapi mereka sama-sama tidak melakukan monitor diri dengan baik. Ketiga subjek sama-sama menyadari bahwa makanan yang di konsumsi mempengaruhi berat badan, tetapi sebagian besar tidak dapat menginstropeksi dirinya dengan baik atas permasalahan tersebut.Ketiga subjek juga sama-sama melakukan berbagai usaha untuk menurunkan berat badan walau hasilnya tidak begitu kelihatan, hal itu yang membuat mereka lebih cuek dengan berat badannya, karena usaha yang mereka lakukan selama ini tidak membuahkan hasil yang maksimal. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi Self Regulated Behaviour pada subjek yang mengalami obesitas juga terdapat faktor internal dan eksternal turut ambil bagian.

Saran
- Subjek menimbang berat badan secara rutin, agar dapat mengetahui perkembangan naik- turunnya berat badan.
- Mengatur pola makan dan memperbanyak kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat seperti memperbanyak olah raga.
- Ketiga subjek harus mempunyai keyakinan, karena itu dapat menjadi pengaruh yang penting dalam reaksi emosi dan dapat menjadi motivasi diri.
-Pada ketiga subjek diharapkan untuk lebih belajar menghargai diri sendiri dan mengembangkan potensi diri.
- Dorongan dan dukungan dari keluarga sangat membantu proses penurunan berat badan.


Usulan Lanjutan
Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian lebih luas dengan membahas juga obesitas pada usia lanjut, karena sangat berkaitan dengan kesehatan, obesitas usia lanjut sangat rentan terhadap penyakit.

0 komentar: