THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 01 Oktober 2010

Review Jurnal Instalasi Genset

1. Tema/Topik : Instalasi Genset

2. Judul : Optimalisasi Pengoperasian Instalasi Dua Genset Pada Gedung Bertingkat Oleh Agung Wahyu Supriyatno,M Subali, Bambang Dwinanto P.(2010)

3. Latar Belakang Masalah

Karena semakin menipisnya sumber energy yang terkandung dalam alam, khususnya bumi Indonesia. Sehingga dengan kondisi demikian umat manusia sudah sepantasnya melakukan suatu tindakan dalam mencari solusi guna mengantisipasi penipisan sumber energy itu sendiri. Batasan masalah yang dingkat adalah mengenai bagaimana cara mengoptimalkan suatu instalasi listrik dengan menggunakan dua genset sebagai sumber energy pembangkitnya, yang kemudian kedua genset tersebut di disinkronisasikan dengan menggunakan Panel Synchronized Genset.Sebagaimana yang digunakan pada instalasi genset Gedung Mabes Polri Jakarta Selatan.

4. Tujuan Penelitian:

- Memperoleh suatu penghematan energi bahan bakar minyak(solar) yang digunakan pada instalasi Genset Mabes Polri.

-

5. Metodologi:

- Variabel

- Data : Tabel Pendistribusian dan table sampel

- Tahapan Penelitian :

Melakukan uji coba dengan membandingkan penggunaan kedua system instalasi dua genset.

- Model Penelitian:

Pendekatan Matematis

6. Hasil dan Kesimpulan:

Dilihat dari sisi pengoptimalisasian dayanya,maka penggunaan system instalasi dua genset dengan masing-masing genset berkapasitas 1250 KVA akan diperoleh suatu peminimalisasian daya terbuang mencapai Sembilan puluh enam persen.

Dengan menggunakan system instalasi dua genset maka akan didapatkan keuntungan optimalisasi baik dalam segi biaya maupun daya dalam penggunaan energy listrik di Lingkungan Mabes POLRI Jakarta Selatan.

7. Saran dan Usulan

- Saran:

Sebaiknya penggunaan tenaga Listrik yang disiang hari benar-benar lebih ditekan lagi, selain lebih menghemat biaya juga bisa membantu Pemerintah dalam mengatasi keterbatasan Sumber Daya.

- Usulan Lanjutan

Penelitian Juga dilakukan di daerah yang yg dekat dengan wisata air terjun, apakah didaerah tersebut menggunakan tenaga listrik dari PLN atau menggunakan jasa PLTA.

0 komentar: